Local Area Network

 Pengertian Local Area Network

 LAN kependekan dari Local Area Network yang merupakan suatu jaringan yang dimana perangkat keras dan perangkat lunak, bisa saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya dapat digunakan dalam satu ruangan atau gedung saja.

Oleh karena terbatasnya jangkauan yang terbatas maka menyebabkan kecepatan transmisi data akan menjadi sangat tinggi. Kabel LAN juga dikenal dengan sebagai kabel UTP yang biasanya berbentuk kabel untiran yang seperti ada pada kabel telepon.

LAN sendiri terdiri atas server, client dan gateway. yang dimana server dalam LAN adalah salah satu atau lebih komputer yang menggunakan suatu sistem operasi server. Tugas server disini yaitu sebagai penyedia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat sebuah komputer-komputer dalam jaringan tersebut dapat menggunakannya baik secara sendiri maupun sama orang lain.

KOMPONEN-KOMPONEN LAN

  • Workstation: host yang berupa sebuah sistem komputer
  • Link: Workstation dan server tidak bisa berfungsi jika peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.
  • Network software: Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja semestinya
  • Server: Hardware yang memiliki fungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut. pada umumnya sumber daya seperti printer, disk, dan lain sebagainya yang hendak dipakai secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada sebuah server.
  • Network Interface Card: Suatu workstation tidak dihubungkan dengan secara langsung dengan kabel jaringan maupun tranceiver cable, tetapi melalui sebuah rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani sebuah network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card.


Komentar